4 hal mendekati wajib

Wajib. Kalau di Tanya apa itu wajib? Kebanyakan orang pasti jawabnya gini, “Wajib adalah jika dilakukan mendapat pahala dan jika ditinggalkan mendapat dosa” kalau sahabat masaajid gimana? Jawabannya juga gitu gk? Yah, pasti sebagianya jawab kayak gitu, simpel. Sebagian yang lain, menjelaskannya ampe sedetail mungkin.
Kalau berbicara hal-hal yang wajib? Pasti langsung terpikirkan rukun Islam yang 5, dan rukun Iman yang 6.
Selain kedua rukun itu, ada tidak hal-hal yang selalu kita lakukan, tapi kita tidak menyadari, kalau hal itu adalah wajib???
Nah, rubrik kali ini, membawakan tema tentang 4 hal yang di kategorikan kedalam tingkatan wajib di dalam islam. Keempat hal ini berhubungan dengan bekal kita di akherat, juga bekal kita di dunia. Keempat hal tersebut, merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus dimiliki oleh seluruh manusia di muka bumi ini. Mereka menggunakan hal ini untuk hidup, untuk menyembah sang pencipta kehidupan. Ya, Ilmu. Hanya dengan ilmu kita dapat melakukan apa saja yang kita kehendaki. adapun 4 perkara yang wajib dalam kacamata islam adalah,
1. Ilmu
Ilmu wajib untuk kita cari. Terutama berilmu mengenai Allah dan Rasulnya, dengan ilmu kita akan lebih mengenal Allah dan Rasulnya, Muhammad shallallahu alaihi wasallam serta mengenal islam dengan mengikuti dalil-dalil yang shohih.
2. Beramal dengan ilmu tersebut
3. Mendakwahkannya
4. Bersabar untuk  3 perkara diatas
Adapun dalil akan wajibnya mempelajari empat perkara diatas adalah firman Allah
وَالْعَصْرِ .إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ. إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ. .
“Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, dan beramal saleh, dan saling mewasiatkan kebenaran serta saling berwasiat untuk bersabar”. Al ‘ashr : 1-3.
Al Imam Asy Syafi’i berkata tentang surat ini : “Seandainya Allah tidak menurunkan hujjah melainkan hanya surat ini saja, maka sungguh hal itu sudah cukup bagi manusia”.
Al Imam Al Bukhari membuat sebuah bab dalam kitab shohihnya;
العلم قبل القول العمل
berilmu sebelum berucap dan beramal”, berdalilkan dengan ayat :
فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِك
“Ketahuilah, bahwasanya tiada Ilah yang berhak untuk diibadahi kecuali Allah dan mohonlah ampunan untuk dosamu”. Muhammad : 19.
tim infokom