(ERKATA BEDIL MENGENANG KARO DAN INDONESIA)
Oleh
Abdul rahman matondang
Pendahuluan
Melacak
lembar historisitas dari suatu objek kesejarahan pada dasarnya adalah melacak
ke dimensi waktu, sejauh mungkin yang dapat diidentifiksi dari objek
kesejarahan itu. Artinya ikon kesejarahan memang akan selalu membawa kesadaran
manusia larut kedalam dimensi masa lalunya. Demikian pula dengan mengenang
sebuah ikon sejarah baik itu merupakan sebuah tokoh maupun sebuah peristiwa
yang pernah terjadi, akan membawa ke dalam dimensi masa lalu. Tentang apa yang
terjadi dan bagaimana sebenarnya jalan peristiwa tersebut.
Satu
alasan penting yang tak bisa diabaikan dalam melacak sejarah adalah untuk
membangun karakter atau sebuah refleksi untuk kehidupan di masa depan. Bisa
jadi sejarah tersebut adalah sejarah yang memilukan sehingga mampu menjadi
pelajaran bagi generasi kedepan untuk berlaku lebih baik atau setidaknya tidak
mengulangi hal yang sama. Atau sejarah tersebut merupakan sejarah sebuah ikon kesuksesan,
kemenangan atau figur yang tangguh. Dimana dapat menjadi sebuah pelajaran dan
motivasi untuk mencetak atau menjadi pribadi yang kurang lebih memiliki
semangat yang kuat.
Dari Karo Untuk Negeri
Sejarah perjuangan sehingga tercipta sebuah
bangsa yang konon bernama Indonesia, tidak dapat terpisah dari akar perjuangan
daerah daerah yang kini menjadi bagian daripada Indonesia tersebut. Sebut saja
Sumatera utara. Sebelum adanya Indonesia, kota kota yang berada di dalamnya
telah berjuang mengusir penjajah. Dengan berlatar etnis etnis dan hak adat yang
mereka pertahankan, mereka berjuang sampai titik darah untuk mempertahankan apa
yang mereka miliki.
Karo sebagai ethnik bagian dari sumatera
utara juga memiliki corak perjuangan yang tidak dapat dinafikan begitu saja.
Sedikit maupun banyak memiliki sumbangsih mengusir penjajah dari bumi
Indonesia. Kisah kisah mereka (karo), secara dokumen tertulis memang tidak
begitu khusus menjadi konsumsi publik. Namun secara kolektif karo memberikan
warna bagi perjuangan bangsa Indonesia meretas kemerdekaan.
Salah satu warna yang diberikan karo dalam
perjuangan adalah lewat jalan nada nada perjuangan. Nada nada yang memberikan
semangat. Nada nada yang dikemas dengan rapi menjadi khas karo. Dan itu
terlukis indah lewat syair dan nada Erkata Bedil karya composer karo Djaka
Depari.
Lirik lirik perkata dalam lagu Erkata bedil
menggambarkan bahwa karo lewat karya Djaka Depari memiliki cara mereka
berjuang. Meski balutan romantisme yang terbangun lewat beberapa lirik antara
sepasang kekasih, namun hal ini tidak menghilangkan kesan semangat patriotisme
di dalamnya. Dan karo memiliki sebuah persembahan untuk negeri lewat sebuah
karya Djaka depari Ekata Bedil.
Erkata bedil i kota medan turang la
megogo
Ngataken kami maju ngelawan ari oh turang
Ngataken kami maju ngelawan ari oh turang
Tading ijenda si turang besan turang
la megogo
rajin kujuma si muat nakan ari o turang
rajin kujuma si muat nakan ari o turang
O turang la megogo (kai nindu ari turang)
Uga sibahan arihta
Arih arihta tetap ersada ari o turang
Uga sibahan arihta
Arih arihta tetap ersada ari o turang
Adina lawes kena ku medan perang
turang la megogo
Petetap ukur ola melantar ari o turang
Petetap ukur ola melantar ari o turang
Oh turang la megogo (kai nindu ari
turang)
Uga sibaha arih-arihta
Arih-arihta tetap ersada ari o turang
Uga sibaha arih-arihta
Arih-arihta tetap ersada ari o turang
Adina surung atendu ngena turang la
megogo
Tantangi cincin man tanda mata ari o turang
Tantangi cincin man tanda mata ari o turang
O turang la megogo kai nindu ari turang
Uga sibahan arih ta arih-arihta tetap ersada ari o turang
Uga sibahan arih ta arih-arihta tetap ersada ari o turang
Romantisme Dalam Syair Perjuangan
Seni merupakan sebuah pengungkapan indah dari
sebuah sisi kehidupan. Ketika sebuah seni mampu menggambarkan jalan jalan
kehidupan yang tidak tergambar oleh bahasa sehari hari. Sebuah karya seni mampu
mengaprisiasikannya dalam berbagai bentuk. Baik itu seni rupa, seni lukis, seni
sastra, seni suara, seni drama dan lain sebagainya.
Sebuah karya sulit lepas dari keperibadian
dan kehidupan sehari hari masyarakat maupun tempat dimana karya seni maupun
kesenian itu berada. Dimana kesenian tersebut sebagai representasi kehidupan
masyarakat. Untuk itu kesenian menjadi sesuatu yang penting karena ia menjadi
unsur budaya dan bentuk dari kreatifitas budaya masyarakat tempat kesenian itu
bernaung, diakui dan dijaga.
Begitu pula dengan sebuah karya sastra yang
menyimpan ruang kondisi sosial pencipta maupun suatu masyarakat. Karya sastra
tersebut dapat berupa jeritan hati maupun sebuah pengungkapan, pendeskripsian
tentang kondisi yang tengah terjadi. Dan karya Djaka depari juga banyak
bercerita tentang bagaimana kondisi masyarakat tempat ia menetap.
Djaka depari memiliki ciri khas yang
membedakan ia dengan seniman lain. Ia mampu menciptakan karya karya yang
bercerita tentang perjuangan dan lagu lagu yang mampu membangkitkan semangat.
Namun ia mampu menyuguhkannya dalam nuansa romantis. Balutan balutan nada
indah, dan pilihan diksi yang tepat, membuat karyanya masih tetap merdu di
telinga.
Dan lagu syair ciptaannya yang berjudul
Erkata bedil membawa para penikmatnya seolah olah menjadi tokoh utama dalam
syair itu. Atau setidaknya ikut merasakan kejadian yang terjadi dalam syair
tersebut. Dan kenikmatan tersebut tersaji dalam bait baitnya
Penutup
Dan Erkata Bedil adalah sebuah karya yang
perlu dikenang. Bukan saja sebagai sebuah lagu perjuangan, namun juga sebagai
pembentuk aprisiasi jiwa patriotisme seorang Djaka depari. Ialah sang composer
dan pahlawan bagi negerinya terkhusus bagi ethniknya.
Inilah persembahan karo untuk negeri dan
tanahnya. Lewat sebuah perjuangan yang diiringi nada penuh semangat, karo terus
berjuang membela identitas dan tanahnya. Atas dasar itulah Erkata Bedil
selayaknya mendapat tempat sebagai sebuah lagu nasional. Lirik yang mampu memompa
semangat bagi generasi muda. Dan kemasan
romantis khas karo menjadi warna yang membedakannya. Inilah potret negeri ini,
walau berbeda beda meiliki satu kesatuan yang utuh. Itulah BHINEKA TUNGGA IKA.